Penyuluhan Jentik Nyamuk - Untuk mengetahui cara pencegahan demam berdarah dengue. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu JPHI Vol.


Jbg Waspada Demam Berdarah Dengue

PSN dilakukan minimal satu minggu sekali agar rumah bebas dari jentik nyamuk.

Penyuluhan jentik nyamuk. Dengan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dapat meningkatkan angka bebas jentik Demam Berdarah Dengue di kelurahan Samanan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Hasil Identifikasi Jentik Nyamuk Aedes aegypti Tempat ditemukan jentik nyamuk Aedes aegypti Jumlah rumah Bak mandi 5 Bak penampungan air 5 Wadah penampung air dispenser 4 Kolam ikan 1 Kaleng cat 1 Berikut temuan jentik nyamuk Aedes aegypti pada beberapa kontainer di rumah warga. DBD merupakan penyakit pada daerah tropis dan subtropis yang disebabkan oleh virus dengue DEN-1 2 3 dan 4 melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus Utami 2015.

Jentik menjadi sasaran dalam pengendalian populasi nyamuk yang berperan sebagai vektor penyakit menular melalui nyamuk. Upaya pemberantasan DBD hanya dapat berhasil apabila seluruh masyarakat berperan serta aktif dalam pemberantasan sarang nyamuk DBD. Tujuan Khusus Setelah mengikuti penyuluhan selama 25 menit tentang PHBS diharapkan keluarga dapat.

Jentik adalah tahap larva dari nyamuk. Penyuluhan belum dapat meningkatkan pengetahuan tentang malaria dan dengue pada siswa SD di Sorong. Menjelaskan tentang manfaat PHBS 3.

Menjelaskan tentang pengertian PHBS 2. Pemberantasan jentik nyamuk khususnya Aedes aegypti dan Aedes albopictus 2. Jentik nyamuk merupakan salah satu tahap dalam siklus hidup nyamuk.

Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik Adalah peran serta dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan setiap keluarga dalam pemeriksaan pemantauan dan pemberantasan jentik nyamuk untuk pengendalian penyakit tular vektor khususnya DBD melalui pembudayaan PSN 3M PLUS. Menjelaskan apa saja 10 PHBS di Rumah Tangga 4. Menjelaskan tentang pemberantasan jentik nyamuk 5.

Dengan demikian pemberian penyuluhan dapat memberikan peningkatan pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan pemberantasan sarang nyamuk. Bak Penampungan Air tidak ditutup. Tim jumantik diberikan penyuluhan dan pelatihan tentang jumantik.

Pengendalian Vektor Kimiawi Biologi Manajemen lingkungan Pengendalian Vektor Terpadu Integrated Vector ManagementIVM Pemberantasan Sarang Nyamuk 3. Jentik adalah tahap larva dari nyamukJentik hidup di air dan memiliki perilaku mendekat atau menggantung pada permukaan air untuk bernafas. Melakukan pemantauan jentik penyuluhan kesehatan tentang Deman Berdarah Dengue dan cara pencegahannya serta penanaman tanaman pengusir nyamuk.

Warga sebelum dan sesudah penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk. Proporsi anemia pada siswa SD di Sorong sebesar 38-60. Siswa mampu melakukan pemantauan jentik nyamuk.

Penyuluhan Jentik Nyamuk Mandiri KKN UM Sukolilo Pilih Wilayah Endemis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah membentuk juru pemantau jentik yang berasal dari unsur karang taruna. LATAR BELAKANG Pemberantasan jentik nyamuk adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membasmi atau memberantas telur jentik dan kepompong nyamuk dengan berbagai cara dengan tujuan untuk menekan laju pertumbuhan nyamuk.

Pemantauan Jentik Berkala PJB 5. Penyuluhan Pemberantasan Jentik Nyamuk DBD. Model penyuluhan partisipatif perlu dikembangkan agar masyarakat dapat berperan aktif dalam upaya pembasmian jentik nyamuk penyebab DBD dengan cara memeriksa langsung keberadaan jentik nyamuk tersebut di sekitar perumahan kemudian diarsipkan dalam kartu jentik.

Gerakan 3M plus adalah tiga cara plus yang dilakukan pada saat PSN. 1 April 2019 10 Dari hasil analisa berdasarkan data dari Puskesmas tingginya jumlah kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Rawasari terdapat 14 kasus jumlah kasus dapat dilihat pada Tabel 1. Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengetahui cara memberantas sarang nyamuk PSN di lingkup terkecil keluarga dan merambat ke lingkup besar masyarakat.

K mampu memahami dan mengerti tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat B. Materi Pengenalan Nyamuk Aedes aegypti Tingkat Sekolah Dasar Kegiatan Penyuluhan Entomologi Loka Litbang Kesehatan Waikabubak 2018 Isi Materi. Untuk itu agar masyarakat dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk misalnya Demam Berdarah dengue.

Keberadaan jentik nyamuk erat kaitannya dengan angka kejadian deman berdarah dengue DBD. Jentik nyamuk apabila tumbuh menjadi nyamuk dewasa jika menggigit manusia bisa menimbulkan penyakit3 Abatisasi yaitu pemberian serbuk abate pada tempat-tempat yang digenangi air termasuk bak mandi jambangan bunga dan sebagainya dengan tujuan membunuh jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti dan. Jentik menjadi sasaran dalam pengendalian populasi nyamuk yang berperan sebagai vektor penyakit menular melalui nyamuk.

Untuk mengetahui bagaimana cara pemantauan jentik dan penyuluhan kesehatan tentang pemberantasan sarang nyamuk PSN. Penyuluhan Kepada Masyarakat Program Pemerintah Penyakit DBD 21. Nyamuk merupakan salah satu faktor penyebab penyakit yang kini telah menyerang manusia.

Anemia dengue malaria nyamuk Aedes siswa pemantau jentik. Jentik hidup di air dan memiliki perilaku mendekat atau menggantung pada permukaan air untuk bernafas. Penelitian brosur dan modul pembasmian jentik nyamuk.

Salah satu faktornya adalah masyarakat kurang menjaga kesehatan lingkungan sehingga menyebabkan nyamuk dapat berkembang dengan pesat pada lingkungan. PROPOSAL PENYULUHAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI DESA SUGIHARJO DUSUN MAWOT KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN I. Telur jentik dan kepompong nyamuk penular berbagai penyakit seperti Demam Berdarah Dengue Chikungunya Malakaki gajah di ria Filariasis tempat-tempat perkembangannya.

Nyamuk Jentik Pemberantasan ABSTRACT Prevention of mosquito population was done by eradication of mosquito larvae.


Penyuluhan Tentang Pemberantasan Jentik Nyamuk Demam Berdarah Dengue Di Puskesmas Rawasari Jurnal Pengabdian Harapan Ibu Jphi


Pemeriksaan Jentik Jentik Nyamuk Oleh Kader Jumantik


Penyuluhan Tentang Pemberantasan Jentik Nyamuk Demam Berdarah Dengue Di Puskesmas Rawasari Jurnal Pengabdian Harapan Ibu Jphi


Pin Di Onlinepantura Com


Pin Di Onlinepantura Com


Penyuluhan Sarang Nyamuk Berita


Satuan Acara Penyuluhan Pemantauan Jentik Dan Pemberantasan Sarang Nyamuk Psn Siswa Kelas 5 Sdn Yang Berjumlah 31 Orang Pdf Free Download


Lumajang Jatim Www Tribunus Co Id Babinsa Darungan Koramil 0821 11 Yosowilangun Sertu Dasar Mengimbau Kepada Masyarakat Untuk Turut Aktif Dalam Hujan Pedesaan


Psn Masih Jadi Kunci Utama Cegah Peningkatan Dbd Republika Online


Upaya Pencegahan Dbd Dengan 3m Plus


Memberantas Jentik Di Rumah


Mahasiswa Kkn Ppm Ugm Berikan Penyuluhan Pemberantasan Sarang Nyamuk Universitas Gadjah Mada


Pemeriksaan Jentik Jentik Nyamuk Oleh Kader Jumantik


Jbg Waspada Demam Berdarah Dengue


Related Posts