Atraktan Nyamuk - Salah satu alternatif pengendalian nyamuk selain insektisida adalah menggunakan atraktan seperti rendaman air sekam padi. Sekam padi merupakan bagian kulit bulir padi dan bisa digunakan sebagai atraktan nyamuk.


Tenopa 60 Sc Basmi Segala Serangga Serangga Semprotan Sistem Saraf

Muhammad Dahlan Akhmad Arif Amin.

Atraktan nyamuk. Rendaman air udang juga mengekskresi ammonia dan karbon dioksida Ace 2003 dalam Sayono 2008. Cerevisiae berhasil menangkap nyamuk sebanyak 142 Sunatrap dengan R. Atraktan Nyamuk Aedes sp.

Hal ini menunjukkan bahwa nyamuk menyukai cairan yang manis. Efektivitas Air Rendaman Cabai Merah Capsicum annum Jerami Oryza sativa Serbuk Kulit Jengkol Pithecellobium lobattum sebagai Atraktan Terhadap Nyamuk Aedes aegypti Attractant is something that has an attraction to insects mosquitoes both chemically and visually physically. Atraktan rendaman cabe merah efektif dalam menangkap nyamuk pada alat.

Satu atraktan nyamuk Aedes sp. Nyamuk Aedes aegypti Air tebu Atraktan Jurusan Kesehatan Lingkungan Abstract The Fermented Sugarcane Essence Effectiveness as Aedes aegypti Mosquito Atractants in The Environmental Health Department Entomology Laboratory of Purwokerto Year of 2015 In Indonesia the Dengue Hemorrhagic Fever DHF epidemic was the main problem. Hal itu berarti dari ketiga atraktan tersebut air rendaman jerami yang memiliki daya tarik lebih kuat bagi nyamuk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi rendaman air sekam padi terhadap daya atraktan nyamuk Culex sp. Mosquitotrap adalah salah satu alat perangkap nyamuk dengan menggunakan media atraktan. Kisaran atraktan cukup bervariasi.

Bahan yang digunakan berupa telur nyamuk Aedes aegepty dan bahan atraktan berupa oryza sativa jerami capsicum annum cabe merah dan trachisperum roxburgianum jinten. Nyamuk Aedes merupakan vektor penularan demam berdarah dengue. Sampai saat ini belum ada cara yang efektif untuk mengatasi penyakit DBD karena belum ditemukan obat anti virus dengue.

Hasil penelitian menunjukan spesies nyamuk yang tertangkap yaitu Aedes aegypti dan culex quinquefasciatus. Nyamuk menyukai bahan atau zat penarik atraktan seperti senyawa ammonia CO. Sekam padi merupakan bagian kulit bulir padi dan bisa digunakan sebagai atraktan nyamuk.

Reaksi fermentasi larutan gula dan ragi. Penggunaan Ekstrak Kaki Ayam Broiler Sebagai Atraktan Untuk Pengendalikan Nyamuk Dewasa Aedes aegypti. Pada dasarnya nyamuk Aedes aegypti memiliki kebiasaan beristirahat di tempat gelap dan terlindung dari sinar matahari begitu pula dalam kebiasaan meletakkan telur.

Nyamuk Aedes aegypti juga menyukai warna gelap atau tempat gelap. Atraktan adalah sesuatu yang memiliki daya tarik terhadap serangga nyamuk baik secara kimiawi maupun visual fisik. Agar lebih efektif peragkap nyamuk dikombinasikan dengan media atraktan yang disukai nyamuk Aedes aegypti.

O2 asam laktat dan octanol merupakan atraktan yang dikenali dengan sangat baik senyawa tersebut terbukti mempengaruhi syaraf penciuman nyamuk Aedes aegypti Sayono 2008. Oryzae menangkap sebanyak 46 dan Sunatrap tanpa atraktan tidak menangkap nyamuk. Ovitrap yang berisi atraktan air rendaman jerami 3 ekor nyamuk 3 pada lethal ovitrap yang berisi air setempat dan pada atraktan air rendaman gula tidak terdapat nyamuk satupun.

Dengan menggunkan pengenceran 15. Dibandingkan dengan asam laktat dan aquades. Dengue dengan Fermentasi Singkong sebagai Atraktan Nyamuk Aedes Aegypti xv 79 Halaman 14 Tabel 8 Gambar 13 Lampiran Nyamuk Aedes aegypti merupakan nyamuk vektor yang membawa virus dengue penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue DBD yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia baik bagi tenaga kesehatan maupun masyarakat.

Beberapa dari attraktan tersebut termasuk dalam harga perangkap yang lain dibeli secara terpisah hal tersebut mewakili investasi kecil waktu dan bahan murah. Menggunakan atraktan seperti rendaman air sekam padi. Atraktan nyamuk yang mempunyai daya tarik bagi reseptor sensoris nyamuk Aedes.

Karbondioksida merupakan salah satu atraktan nyamuk yang mempunyai daya tarik bagi reseptor sensoris nyamuk Aedes sp. Air rendaman udang mengandung sisa protein atau hasil metabolisme lain dan senyawa kimia baik dalam bentuk gas maupun cair yang disukai nyamuk. Dibandingkan dengan asam laktat dan aquades.

Semua perangkap nyamuk menggunakan beberapa jenis attraktanpenarik baik untuk nyamuk yang mencari inang atau yang bertelur. Atraktan dapat berasal dari kandungan tanaman yang mudah ditemukan di. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi rendaman air sekam padi terhadap daya atraktan nyamuk Culex sp.

Bahan tersebut dapat menarik nyamuk apabila menghasilkan CO 2 misalnya larutan gula dan ragi. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya membuat desain perangkap atau wadah nyamuk yang besar sehingga memudahkan nyamuk lebih banyak. Penanggulangan penyakit DBD ditekankan pada upaya reduksi kepadatan populasi nyamuk Aedes aegypti.

Atraktan yang disukai nyamuk. Bau khas tersebut ditangkap oleh sensilla pada antena nyamuk yang mengandung satu atau beberapa saraf bipolar penciuman atau dikenal sebagai ORNs olfactory receptor neurons9. Jumlah nyamuk yang terperangkap pada atraktan fermentasi gula pasir putih sebanyak 44 ekor sedangkan atraktan air rendaman udang sebanyak 2 ekor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas atraktan air rendaman cabai merah. Persiapan dimuai dengan rearing nyamuk Aedes aegypti yaitu penetasan telur sampai nyamuk muda umur 3-6 hari yang akan dipergunakan dalam eksperimen. 2 asam laktat octenol dan asam lemak.

I Gusti Agung Ngurah Widya P Sudjari Habiba Aurora ABSTRAK Atraktan merupakan media dan bahan yang dapat menarik nyamuk dan menjadi salah satu bentuk pengendalian nyamuk. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan atraktan yang berasal dari kaki ayam broiler ceker ayam dalam pelarut etanol metanol dan heksana untuk mengendalikan nyamuk dewasa Aedes aegyptiSumber darah dalam kaki ayam. Nyamuk secara langsung tanpa menyebabkan cidera bagi binatang lain maupun manusia dan tidak meninggalkan residu pada makanan atau bahan pangan.


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Quickbayt Spray 10 Wg Obat Basmi Lalat Pembasmi Beri


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Wfa Campuran Obat Fogging Tanpa Solar Pembasmi Pestisida Minyak


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Media Fogging Fogair Pengganti Minyak Solar Pembasmi Kimia Bahan Kimia


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Dharmaclen 25ec Deltametrin Obat Fogging Pembasmi Pestisida Nyamuk


Pin Di Insektisida Pembasmi Serangga


Cynoff 50ec Obat Fogging Sipermetrin Serangga Produk Pembasmi


Beruang Plus 1 Gb Racun Lalat 100gr Makanan Pembasmi Masakan


Related Posts